Wednesday, July 3, 2013

Batik Solo dengan Motif Batik Yang Indah


Apa yang pertama kali keluar di benak pembaca dikala mendengar kata batik ? blogdangkal mulai sangat percaya tak hanya solo saja arah peta pikiran anda, ada yang mengarah ke Jogja, pekalongan, cirebon, atau madura, benar, kan ? seluruh area tersebut punya jejak rekam histori panjang serta menarik berkenaan batik dengan ciri khasnya tiap-tiap.

bukan hanya lantaran saya dulu tinggal 1 tahun di solo – saya saat itu bekerja pada perusahaan penerbitan di area yang takjauh dari pabelan – selanjutnya, mengetengahkan artikel, “sekilas berkenaan batik solo”. sekadar hanya sharing saja. . .

solo dimaksud juga dengan surakarta. motif batik solo punya ciri khas dengan motif geometris yang mewarnai batiknya. sebut saja sidomukti, sidoluruh, serta sidoasih. tak sekedar motif geometris, ciri khas batik solo yaitu ukuran motifnya yang kecil, atau artinya truntum.

ada kejadian berkenaan batik solo, ditulis dari klasika-kompas, dahulu waktu ada seorang ratu yang tengah bersedih dikarenakan tidak di cermati sang raja. ratu yang sedih itupun pada akhirnya menciptakan batik dengan motif bintang bintang yang ukurannya kecil kecil. motif batik buah karya sang ratu itupun mengambil perhatian sang raja, makanya pada akhirnya raja memerhatikan ratu. serta raja lantas memerhatikan cara ratu bikin motif lantas mengembangkan seni batik tersebut.


parang kusuma yaitu motif batik solo tak sekedar truntum. motif parang kusuma punya ciri mempunyai bentuk yang diagonal, melalui langkah melukis dari segi bawah ke atas. motif ini mempunyai kandungan arti atau filosofis, bahwa pemakainya punya garis atau keturunan raja.

motif batik khas solo yang takkalah digemari banyak orang yaitu sekar jagad. sekar berarti bunga serta jagad berarti bumi atau dunia. sebutan “sekar jagad” dapat artinya “kumpulan bunga sedunia” atau artinya keindahan serta keluhuran kehidupan didunia.

motif yang memiliki kandungan unsur agama lantas menghiasi motif khas batik solo. semisal motif naga, burung garuda, dan sawat yang disebut lambang agama hindu. untuk perihal pewarnaan, batik solo lebih didominasi warna hitam atau kecoklatan. kendati menggunakan warna putih tetap harus warna kecoklatan mendominasi pada motif batik solo.

No comments:

Post a Comment