Wednesday, July 3, 2013

Motif Batik Mega Mendung Cirebon


Motif batik mega mendung merupakan ciri khas sekalian jadi ikon batik dari tempat cirebon. motif batik ini memiliki kekhasan yang tidak didapati di tempat penghasil batik lain. apalagi dikarenakan cuma ada di cirebon serta merupakan masterpiece, departemen kebudayaan serta pariwisata ri dapat mendaftarkan motif mega mendung ke unesco untuk mendapatkan pernyataan sebagai di antara world heritage.

motif batik mega mendung telah dikenal luas sampai ke manca negara. sebagai bukti ketenarannya, motif megamendung dulu jadikan cover sesuatu buku batik terbitan luar negeri yang berjudul batik design, karya seorang berkebangsaan belanda bernama pepin van roojen. kekhasan motif batik mega mendung tidak saja pada motifnya yang berbentuk gambar menyerupai awan dengan warna warna tegas, namun juga nilai-nilai filosofi yang terdapat didalam motifnya. perihal ini terkait jamant dengan histori lahirnya batik dengan total di cirebon.

histori timbulnya motif batik mega mendung menurut buku serta literatur berkenaan dengan kehadiran bangsa china di lokasi cirebon. perihal ini tidak mengherankan dikarenakan pelabuhan muara jati di cirebon merupakan area persinggahan beberapa pendatang dari dalam serta luar negeri. keberadaan bangsa china di tanah cirebon ini juga dijelaskan dalam kisah bahwa sunan gunung jati yang menyebarkan agama islam di lokasi cirebon pada abad ke-16, menikahi ratu ong tien dari china.


sebagian benda seni yang dibawa dari china layaknya keramik, piring serta kain berhiaskan wujud awan. dalam faham taoisme, wujud awan melambangkan dunia atas. wujud awan merupakan gambaran dunia luas, bebas serta memiliki arti transidental ( ketuhanan ). konsep mengenai awan juga punya pengaruh didunia kesenirupaan islam pada abad ke-16, yang dipakai kaum sufi untuk ungkapan dunia besar atau alam bebas.

pernikahan sunan gunung jati dengan ratu ong tien jadi pintu gerbang masuknya budaya serta kebiasaan china ke keraton cirebon. beberapa pembatik keraton menuangkan budaya serta kebiasaan china ke dalam motif batik yang mereka bikin, namun dengan sentuhan khas cirebon, lantas ada perbedaan pada motif mega mendung dari china serta yang dari cirebon. contohnya, pada motif mega mendung china, garis awan berbentuk bulatan atau lingkaran, namun yang dari cirebon, garis awan condong lonjong, lancip serta segitiga.

histori batik di cirebon juga berkenaan dengan perubahan gerakan tarekat yang konon berpusat di banjarmasin, kalimantan selatan. membatik awal mulanya ditangani oleh bagian tarekat yang mengabdi di keraton sebagai sumber ekonomi untuk membiayai grup tarekat tersebut. beberapa pengikut tarekat tinggal di desa trusmi serta sekitarnya. desa ini terdapat kurang lebih 4 km dari cirebon menuju ke arah barat daya atau menuju ke arah bandung. oleh dikarenakan itu, sampai sekarng batik cirebon sama dengan batik trusmi.

No comments:

Post a Comment