Wednesday, July 3, 2013

Batik Solo Modern Yang Semakin Diminati


batik solo
Pengaruh modernisasi bukan sekedar merubah kegiatan manusia saja, tetapi juga pengaruhi budaya. kain batik Solo yang dulu kental dengan pakem-pakem motifnya, waktu ini terlihat dengan ‘gaya bebas’ atau dimaksud dengan batik kontemporer.

sekarang, batik kontemporer udah bermunculan di beragam area. udah banyak dijual di toko toko batik solo serta beberapa pengrajin batik berupaya bikin batik lebih di terima di masyarakat luas melalui langkah menciptakan motif baru. ada yang menciptakan motif yang betul-betul baru, tetapi juga ada yang mengombinasikannya.


mula-mula batik dibikin diatas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang disebut kain mori. saat ini batik juga dibikin diatas bahan lain layaknya sutera, poliester, rayon serta bahan sintetis yang lain. motif batik dibentuk dengan cairan lilin gunakan alat yang disebut canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, makanya cairan lilin meresap ke dalam serat kain. kain yang udah dilukis dengan lilin sesudah itu dicelup dengan warna yang di inginkan, kebanyakan di awali dari warna-warna muda. pencelupan sesudah itu dilaksanakan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. sesudah sekian kali sistem pewarnaan, kain yang udah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.

rutinitas membatik pada awalannya merupakan rutinitas yang turun temurun, makanya kadang waktu satu motif mampu dikenali datang dari batik keluarga khusus. sebagian motif batik mampu perlihatkan status seseorang. lebih-lebih hingga saat ini, sebagian motif batik tadisional cuma difungsikan oleh keluarga keraton yogyakarta serta surakarta.

No comments:

Post a Comment