Wednesday, July 3, 2013

Corak Penyusun Motif Batik Mega Mendung


Motif batik mega mendung yang awal mulanya senantiasa berunsurkan warna biru diselingi warna merah menggambarkan maskulinitas serta situasi dinamis, dikarenakan dalam sistem pembuatannya ada campur tangan lelaki. kaum lelaki bagian tarekatlah yang awal mulanya meniti kebiasaan batik. warna biru serta merah tua juga menggambarkan psikologi masyarakat pesisir yang lugas, terbuka serta egaliter.

disamping itu, warna biru juga disebut-sebut melambangkan warna langit yang luas, bersahabat serta tenang dan melambangkan pembawa hujan yang ditunggu-tunggu sebagai pembawa kesuburan serta pemberi kehidupan. warna biru yang dipakai dimulai dari warna biru muda s/d warna biru tua. biru muda menggambarkan semakin cerahnya kehidupan serta biru tua menggambarkan awan gelap yang memiliki kandungan air hujan serta berikan kehidupan.


dalam perubahannya, motif batik mega mendung alami banyak perubahan serta dimodifikasi sesuai keinginan pasar. motif batik mega mendung di gabung dengan motif hewan, bunga atau motif lain. sebenarnya penggabungan motif layaknya ini telah dikerjakan oleh beberapa pembatik tradisional saat dulu, tetapi perubahannya jadi amat cepat karenanya ada campur tangan dari beberapa perancang baju. tak hanya motif, warna motif mega mendung yang awalannya biru serta merah, saat ini berkembang jadi beragam jenis warna. ada motif mega mendung yang berwarna kuning, hijau, coklat dan sebagainya.

sistem produksi batik mega mendung pada awalnya cuma ditangani dengan batik catat serta batik cap, dengan pertimbangan ekonomis serta tuntutan produksi dengan besar-besaran selanjutnya nampak motif batik mega mendung yang ditangani dengan disablon ( printing ) di pabrik-pabrik. meskipun kain bermotif mega mendung yang dihasilkan dengan sistem layaknya ini sebenarnya tidak dapat dimaksud dengan ‘batik’.

No comments:

Post a Comment